BBM Naik Bikin Kapal ASDP Pangkas Target

PT Angkutan Sungai Danau serta Penyeberangan (ASDP) jadi penyedia service penyeberangan laut mulai rasakan efek kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Hal semacam ini bisa diliat dari penurunan tujuan laba perusahaan di 2013 ini.

Direktur Paling utama ASDP, Danang Baskoro menyebutkan perusahaan sangat terpaksa membuat revisi laba sebesar 25% dari tujuan awal yang sudah dibukukan perusahaan pada awal th..

” Th. lantas tujuan Rp 125 miliar jadi realisasi Rp 160 miliar. Tempo hari (2013) tujuan Rp 180 miliar tapi saya revisi turun 25%, ” kata Danang di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (17/9/2013).

Baca : Harga Tiket Kapal Tatamailau

ASDP sampai sekarang ini belum juga memperoleh jalan keluar untuk kurangi efek kenaikan harga BBM itu. Sebab, 48% keuangan perseroan tiap-tiap th. terserap untuk pembiayaan BBM untuk kapal-kapal yang dipunyainya.

Sekarang ini, kata Danang, komposisi pendapatan ASDP masih tetap besar dari bidang pendapatan kapal, dimana 70% disumbang dari kapal, serta 30% dari bidang pelabuhan.

” Pendapatan kapal 70%, bekasnya dari pelabuhan, tujuan pendapatan sekitaran Rp 2 triliun, th. lantas Rp 1, 8 triliun, ” tutup dia.

Baca : Harga Tiket Kapal Gunung Dempo

Bukan sekedar itu, Danang menjelaskan sekarang ini jumlah kapal yang dipunyai ASDP menjangkau 127 kapal, dengan type Ferry Roro. Kapal-kapal ASDP itu semuanya memakai BBM type solar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s