Kapal KP Kasuari 4013 Penjaga Arus Mudik

Di dalam biru serta tenangnya perairan Selat Sunda, meluncur tenang satu kapal patroli kecil berwarna hijau, diantara jalan raya kapal feri yang membawa beberapa pemudik melewati pemisah Jawa serta Sumatra itu.

Dari atas kapal kecil itu, beberapa petugas memanglah bisa dengan gampang memonitor beberapa pemudik kapal feri. Kapal itu juga bisa dengan lincahnya mendahului diantara kapal-kapal feri, yang memiliki ukuran nyaris 5 kali lipatnya.

Kapal itu punya Ditpol Air, Baharkam Polri. Tulisan KP Kasuari 4013 tercetak terang di lambung kapal. Kapal itu memanglah sudah bertugas mulai sejak 2 Juli kemarin. Berputar, mengamankan lokasi perairan Selat Sunda yaitu misi intinya.

Dengan 20 kru dari Kepolisian Air Mabes Polri, Liputan6. com juga memiliki kesempatan ada lebih dekat dengan mereka untuk berpatroli melingkari Pulau Merak besar serta sekelilingnya.

Baca : Harga Tiket Kapal Pelni

” Pekerjaan paling utama kita. Hankamtibnas (Pertahanan, Keamananan, serta Ketertiban Nasional) di lokasi Selat Sunda, ” kata Komandan KP Kasuari 4013 AKP Buyung Wijianto diatas perairan Selat Sunda, Selasa (6/8/2013).

Kapal yang dapat melaju sampai kecepatan 20 knot, menurut Buyung, juga akan berpatroli di perairan itu hingga 17 Agustus 2013 yang akan datang. ” Satu hari, 5-6 kali kami berpatroli, ” tutur dia, yang menyebutkan jika timnya tetaplah dapat bergerak setiap saat apabila memanglah dibutuhkan.

KP Kasuari membawa peralatan senjata komplit, seperti senapan laras panjang berkaliber besar, serta persenjataan beda. Selama ini, Buyung menceritakan, sepanjang sekian hari ini belum juga berlangsung peristiwa serius di Selat Sunda.

Baca : Harga Tiket Kapal Laut

Kapal itu umumnya bertugas menguber beberapa imigran gelap di lokasi perairan Indonesia, tetapi Buyung tidak mengharapkan hal tersebut berlangsung di perairan Selat Sunda ketika musim mudik begini.

Dengan bentuk kapal kecil serta bermesin diesel MTU, kapal patroli itu bisa dengan gampang melaju kencang di perairan Selat Sunda. Berdasar pada pembicaraan Buyung, ia serta timnya juga akan ada di Pelabuhan Merak atau Bakauheni untuk bertumpu serta isi bahan bakar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s